Buat pengguna windows, pasti udah ngga asing lagi dengan default font yang ada di Microsoft Office, mulai dari Arial, Verdana, hingga Calibri. Nah, sayangnya, untuk nama font terakhir, yaitu Calibri, kabarnya akan segera dihilangkan dan diganti lho, Good Friends! Hiks. 

Mengutip laman arstechnica, Principal Manager Microsoft Office Program Design, Sir Daniels, menjelaskan bahwa font Calibri akan digantikan dengan font baru yang diberi nama Aptos. Aptos adalah font jenis sans-serif yang terlihat sederhana dan mudah dibaca, profesional namun tidak terlalu formal. 

Nah sebelum kamu say good bye pada font yang cukup legendaris ini, coba simak fakta menarik yang dirangkum Good Day. 

1. Font Calibri diciptakan oleh Lucas De Groot di tahun 2002 untuk kemudian dikembangkan dan dikirimkan ke Microsoft di tahun 2004. 

2. Calibri resmi menjadi default font di aplikasi menggantikan Font Times New Roman dan Arial di seluruh aplikasi Microsoft Office di tahun 2007. 

3. Font Calibri pernah memenangkan penghargaan TDC2 Award yang diselenggarakan Type Directors Club di tahun 2005

4. Di tahun 2017, font Calibri pernah membuat geger karena menjadi barang bukti kejahatan korupsi yang dilakukan keluarga Perdana Menteri Pakistan saat itu, Nawaz Sharif. Kasus ini terungkap akibat temuan dokumen yang dicetak di tahun 2006 menggunakan font tersebut, padahal sejatinya font tersebut baru tersedia dan dikenal luas secara komersial setelah 31 Januari 2007. 

Source: 

https://en.wikipedia.org/wiki/Calibri

https://kumparan.com/kumparantech/font-calibri-khas-os-windows-ungkap-kasus-korupsi-di-pakistan

https://www.liputan6.com/tekno/read/5345417/pertama-dalam-15-tahun-microsoft-office-bakal-punya-font-baru-pengganti-calibri