Burnout, capek, stres, mungkin itu yang sekarang lagi lo rasain di tengah-tengah hustle culture yang bikin orang-orang terburu-buru dalam segala hal. Fakta pahitnya, hustle culture udah dinormalisasikan sama banyak orang tanpa sadar itu bikin rugi dan jadi beban diri mereka sendiri. Nah, biar semua nggak ganggu mental health lo, baca yuk 5 tips yang Good Day rangkum khusus buat kamu!

1. Mulai dari kesadaran

Lo sadar kalau lagi ada di siklus Hustle Culture, mulai dari keseharian lo yang cuma kerja tanpa menikmati waktu buat diri sendiri alias gak balance dan haus akan progress. Ngerasa capek gak?

2. Tata lagi hal hal penting yang seharusnya ada

Catet hal-hal penting yang harus dilakukan berdasarkan urgency-nya, Hustle Culture nyuruh kita buat multitask, apapun itu harus selesai sekarang, padahal sebenernya bisa dilakukan one thing at a time.

3. Jadwal untuk istirahat dan santai

Setelah tahu mana yang harus dikerjain duluan, jangan lupa buat kasih waktu ke diri sendiri buat istirahat dan santai, bahasanya “work hard, rest hard.”

4. Kasih batasan yang jelas

Kasih batasan yang jelas kapan orang-orang bisa hubungi lo, di saat kerja lo kerja, di saat istirahat lo istirahat. Dengan cara ini, lo bisa punya batasan mana waktu buat beraktivitas dan istirahat.

5. Give yourself a constant reminder

Ingetin diri sendiri bahwa lo hidup untuk diri sendiri, bukan orang lain. Definisi sukses dan progress setiap orang berbeda, tugas lo adalah fokus menjadi orang yang lebih baik lagi dibanding diri lo yang kemarin. 

Pada akhirnya, hidup itu gak cuma ngelakuin hal-hal serius, apalagi ngikutin jalan orang lain, tapi juga apresiasi hal-hal kecil yang terjadi di dalam kehidupan kita semua! Good luck ya, GoodFriends! 




Sumber:

https://headversity.com/the-toxicity-of-hustle-culture-the-grind-must-stop/ 

https://www.goodhousekeeping.com/health/wellness/a38416524/hustle-culture/