Toxic relationship, kata yang udah nggak asing lagi di telinga. Istilah ini dipakai ketika kamu terjebak dalam suatu hubungan percintaan yang nggak sehat, yang dimana antar pasangan memiliki sikap yang tidak mendukung dan penuh konflik. Hubungan seperti ini sangat menguras fisik dan mental lho, Good Friends!

Seringkali nih, orang secara nggak sadar udah terjebak dalam toxic relationship. Tanda-tanda kalau kamu berada di hubungan yang toxic diantaranya merasa gagal jadi diri sendiri, memiliki komunikasi yang buruk, sering dikendalikan oleh pasangan, sulit untuk berkembang, dan nggak dapat restu d?ri ortu atau teman kamu.

Buat kamu yang udah terjebak dalam toxic relationship. Simak cara ampuh berikut yang bisa kamu lakuin buat kabur dari toxic relationship:

1. Lakukan evaluasi hubungan 

kamu harus tau gimana hubungan kamu selama ini, coba buat komunikasikan sama dia. Dari sini kamu bisa nilai positif dan negatif dari hubungan kamu.

2. Lakukan hal yang bermanfaat

Daripada kamu terus-terusan rudet sama pikiran negatif kamu, kamu bisa isi waktu luang dengan hal yang bermanfaat dan positif bagi diri kamu sendiri. 

3. Cari bantuan

kamu bisa coba cari bantuan ke orang lain buat nemuin jalan keluar dari masalah tersebut. kamu juga harus mulai bangun rasa percaya diri untuk menghadapi masalah yang bisa bawa diri kamu lebih baik kedepannya.    

4. Keluar dari toxic relationship

Walaupun susah, kamu bisa coba keluar dari toxic relationship secara perlahan. Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus berada dalam hubungan tersebut.

 

Nah, apa sejauh ini kamu pernah terjebak dalam toxic relationship? Kalau kamu udah nemuin tanda-tanda nya, mending buruan kabur deh, Good Friends! 



Sumber:

https://satupersen.net/bkamug/apa-itu-toxic-relationship-bagaimana-cara-mengatasinya

https://helkamusehat.com/mental/hubungan-harmonis/tanda-toxic-relationship/