visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Other
Udah Siap Buat Kuliah? Lakuin Hal-Hal Berikut Dulu, Kuy!

Gimana perasaan lo pas udah selesai UN, GoodFriends? Pastinya 1 beban di pundak udah terangkat yesss! Walaupun beban udah berkurang, bukan berarti lo udah bisa santai-santai selama 3 bulan ini, lho! Lo juga harus siap-siap buat masuk ke lembaran baru alias perkuliahan, mulai dari siapin dana, rencana, sampai mental untuk 4 tahun ke depan. Sebelum milih kampus dan memutuskan masa depan lo, lakuin dulu hal-hal berikut ini!

1. Riset

Milih kampus dan jurusan emang gak segampang milih jajanan di depan sekolah, maka dari itu sebelum lo ‘nyemplung’ ada baiknya riset sebanyak-banyaknya untuk cari tau semua hal. Jangan takut cari info, GoodFriends! Kalo ada hal-hal yang gak bisa lo temuin di Google, coba cari temen yang emang kuliah di tempat itu dan tanya tentang pengalamannya. Carilah mulai dari biaya pendidikan, fasilitas, lokasi, jurusan yang ada, sampai transportasi untuk sampe ke sana. Jangan lupa buat cari info kampus sebanyak-banyaknya untuk bikin perbandingan sebagai bahan diskusi sama orang tua.

 Image artikel-01

2. Yakin sama diri sendiri

Saat milih kuliah dan jurusan, cuma diri lo sendiri yang tau minat dan kesukaan lo kayak gimana, sehingga harusnya sih gak ada kata ‘salah jurusan’ saat lo udah jalanin kuliahnya nanti. Sebelum mutusin buat ambil jurusan di kampus tertentu, lo harus udah yakin sama diri sendiri, apakah nantinya lo kuat dengan tugas yang numpuk kalo misal masuk ke design grafis? Apakah lo siap belajar bertahun-tahun dan dikirim ke daerah lain saat lo masuk kedokteran? Cuma lo yang bisa nentuin dan jawab semua skenario yang bakal muncul!

 Image artikel-03

3. Diskusi sama orang tua

Nah, bagian ini adalah bagian yang paling krusial di antara yang lainnya. Milih kuliah itu perlu banget diomongin sama orang tua, lho! Walaupun cuma lo sendiri yang tau batasan serta minat, tapi lo juga harus minta pendapat dari orang tua untuk ke depannya gimana. Kalo misalnya orang tua gak setuju sama pilihan lo, jangan langsung sedih, GoodFriends! Tanyain baik-baik kenapa mereka gak setuju sama pilihan lo dan juga jangan lupa minta saran dan solusinya. Kalo misalnya lo masih kekeuh dan ngotot sama pilihan lo, lo juga harus bisa jelasin alasan kenapa lo milih jurusan atau kampus tersebut buat dapetin win-win solution dari semua pihak. Inget! Diskusi gak perlu pake urat, santai-santai aja dan jangan sampe membuat konflik baru dalam keluarga.

 

So, udah sampe mana tahap lo dalam menentukan kuliah? Jangan lupa minum Good Day Coolin’ dulu kuy buat dinginin kepala!