visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Music
Siapa Saja Musisi Indonesia yang Go Internasional?

GoodFriends, Mimin yakin banget beberapa hari ini topik hangat seputar musik pastinya Agnes Monica alias Agnez Mo yang baru aja merilis sebuah video klipnya dengan judul Long As I Get Paid. Dalam video klip terbaru Agnez, ia nggak lupa untuk memasukkan unsur batik dan kebaya yang khas Indonesia banget serta bikin penduduk Indonesia heboh. Kehebohan ini nggak sampai soal kebaya aja, GoodFriends. Dalam beberapa hari, video di YouTube-nya sudah mencapai 4 juta lebih viewers, lho! Wow! Eits.. Tapi nggak hanya Agnez aja yang bisa go international, beberapa musisi Indonesia juga banyak lho yang terkenal di luar negeri. Siapa saja ya? Simak listnya berikut yuk!

Joey Alexander

1. Joey Alexander

Joey sempat menggegerkan dunia permusikan internasioanl saat dirinya masih 9 tahun atau sekitar tahun 2012 silam. Dengan permainan jazz piano yang begitu dahsyat, orang-orang nggak menyangka kalau yang bermain adalah seorang anak kecil yang begitu berbakat. Joey lahir di Denpasar, Bali pada tahun 2003 silam. Pada tahun 2013, Joey berhasil memenangkan  Grand Prix dalam Master-Jam Fest tahun 2013. Tahun 2014, Joey diajak bermain oleh Wynton Marsalis di Jazz Lincoln Centre, Amerika Serikat yang beritanya sampai ditulis dalam Koran New York Times.

Stars & Rabbit

2. Stars and Rabbit

Stars and Rabbit merupakan grup duo asal Yogyakarta yang terdiri dari Elda Suryani sebagai vokalis dan Adi Widodo sebagai gitaris. Alunan musik Adi yang menarik dan karakter vokal Elda yang unik membuat lagu-lagu Stars and Rabbit mendapat sambutan yang meriah dari dunia musik di Indonesia. Single pertamanya berjudul Worth It menjadi salah satu theme song dari sandiwara sebuah radio yang pada akhirnya orang mengetahui keberadaan Stars and Rabbit apalagi ditambah setelah mereka merilis lagunya dalam bentuk digital, iTunes. Ternyata nggak hanya di Indonesia, penikmat musik Stars and Rabbit dari negeri seberang kayak Inggris ternyata juga banyak, lho! Nggak heran sampai saat ini kalau Stars and Rabbit sering manggung di Singapura, Malaysia, ataupun Inggris.

Rich Chigga

3. Rich Chigga

Para millenials pasti tahu dong ya siapa Rich Chigga ini? Yup dengan modal rap dan juga kemampuan bahasa Inggris dari YouTube, cowok berusia 17 tahun ini ternyata berhasil menarik para perhatian rapper-rapper Internasional. Video klip pertamanya, Dat $tick ternyata meledak di pasaran dengan ditandai jumlah view yang berjuta-juta serta video reaction dari para Youtuber serta para rapper ternama. Salah satu rapper asal Amerika, Ghostface Killah tertarik untuk merilis remix Dat $tick milik Rich Chigga yang memiliki nama asli Brian Immanuel ini. Nggak hanya itu, ia pun sempat diundang untuk menghadiri sebuah festival musik di Amerika Serikat dan setelahnya langsung mengadakan interview radio bersama Pharrel Williams. Nggah hanya itu, di tahun 2017 ini mimpi Rich Chigga untuk punya tour sendiri pun berhasil dicapai, lho! Come To My party Tour adalah tour pertamanya di wilayah Amerika Serikat yang tiketnya ternyata sold out alias terjual habis di mana-mana.

Temper Trap

4. The Temper Trap

Band dengan genre inde rock yang terbentuk pada tahun 2005 ini didalangi oleh Dougy Mandagi yang merupakan kelahiran Manado, Indonesia. Walaupun Dougy belum memamerkan karyanya ini saat tinggal di Indonesia, namun warga Indonesia tetep aja bangga dan nama Indonesia menjadi lebih dikenal karena karya-karyanya yang luar biasa. Lagu Sweet Disposition pada tahun 2008 berhasil menjadi top 10 di Belgia, Irlandia serta Inggris dan juga mencapai nomor 14 dalam ARIA Single Chart. Lagu ini pun juga berhasil menjadi theme song dalam salah satu iklan televisi. Nggak hanya itu, kesuksesan lagu Sweet Disposition ini juga membuat mereka menerima beberapa penghargaan, lho! The Temper Trap akhirnya makin sukses dengan diundangnya mereka ke beberapa festival musik beken kayak Glastonburry, Oxegen, dan Roskilde Festival. The Temper Trap pun sampai saat ini sudah melakukan tour internasionalnya bahkan pada tahun 2016 mereka sempet main di festival musik tahunan, We The Fest, yang bikin kita semua makin jatuh cinta dengan The Temper Trap maupun Dougy.

 

Sebenernya masih banyak lagi musisi-musisi Indonesia yang udah go internasional dan sangat diapresiasi karyanya. Masih banyak banget anak-anak Indonesia yang berbakat yang sudah mengharumkan nama Indonesia lewat musik. So, menurut kamu siapa lagi sih musisi yang patut untuk go internasional? Atau kamu kah berikutnya sebagai penerus mereka?