visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Other
Selamat Hari TNI: Apa Saja Prestasi TNI di Mata Dunia?

GoodFriends, tahu nggak kalau setiap tanggal 5 Oktober diperingati sebagai Hari TNI? Nggak hanya bertugas sebagai pembela negara, TNI juga memiliki segudang prestasi yang membanggakan, lho! Belum tahu apa aja sih prestasi mereka? Simak dulu list di bawah ini biar kamu nggak memandang TNI sebelah mata.

1. Juara tembak Australia

Sejak 10 tahun terakhir TNI AD selalu menjadi juara umum dalam Australian Army of Skill Arms at Meeting (AASAM) dan berhasil membawa pulang 28 medali emas, 6 medali perak, dan 5 medali perunggu di berbagai materi lomba tembak, baik beregu maupun perorangan. Saking hebatnya, tim dari Amerika dan Australia kabarnya meminta senjata buatan PT Pindad dibongkar untuk memasatikan nggak ada kecurangan sama sekali yang membuat regu TNI menang terus.

2. Sisir 6 ton peledak di Afrika

Selain TNI AD, tim penjinak bahan peledak Satgas Kizi TNI Kontingen Garuda (Konga) XXXVII-A/Minusca membantu penduduk Afrika tepatnya di perkampungan Camp Beal, Bangui, Afrika Tengah untuk menyisir bom aktif yang menjadi ancaman saat dilangsungkannya pemilu. Nggak tanggung-tanggung, tim menemukan dan berhasil menjinakkan bom seberat 6 ton, lho! Makanya, nggak heran jika Perserikatan Bangsa-Bangsa memberikan Penghargaan Medali PBB kepada 200 TNI yang tergabung dalam misi perdamaian di Afrika Tengah tersebut.

3. Bantu korban topan Haiyan

Pada tahun 2013, badai yang disertai dengan ombak tinggi menyapu sebagian Filipina dan akhirnya mengerahkan tenaga TNI untuk membantu serta mengevakuasi para korban. 3 Pesawat angkut C-130 Hercules TNI dikirimkan ke Cebu, Filipina. Ketiga pesawat membawa bantuan kemanusiaan dengan total berat 60 ton. Bantuan kemanusiaan itu berupa makanan siap saji, obat-obatan, pakaian, genset, dan selimut. Tak berhenti di situ, TNI lalu mengirimkan lagi 1 pesawat C-130 Hercules bernomor A-1323. Pesawat itu dipinjamkan kepada Pemerintah Filipina. Pengiriman bantuan pesawat ini merupakan permintaan dari Pemerintah Filipina langsung. Tak cuma sembako, pesawat yang dipimpin Mayor Pnb Puguh Yulianto itu juga mengangkut puluhan pengungsi yang akan kembali ke Tacloban.

Nah itu dia, beberapa dari segudang prestasi yang sudah diraih oleh TNI alias Tentara Nasional Indonesia. So, jangan anggap remeh atau memandang sebelah mata lagi ya, GoodFriends. TNI nggak kalah keren sama prajurit-prajurit dari negara luar, lho!