visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Other
Masih Adakah Harapan untuk Vans Indonesia?

GoodFriends, brand sepatu asal Amerika Serikat, Vans, udah nggak asing di telinga. Sepatu yang dirancang khusus buat skaters, berhasil menggaet perhatian anak muda di California sejak 50 tahun yang lalu. Ternyata keberadaan Vans ini nggak cuma digemari sama para skaters, anak-anak muda saat itu dan sampai sekarang ini ternyata seneng banget dengan Vans karena modelnya yang unik dan klasik.

Nggak Cuma sampai Amerika, Asia pun jadi sasaran utama untuk memperluas pasar Vans. Indonesia pun juga jadi salah satu peminat yang cukup besar sampai-sampai Vans memutuskan untuk membuka branchnya di beberapa mall yang terletak di Jakarta beberapa tahun yang lalu. PT. Gagan Indonesia menjadi salah satu distributor yang membawa nama Vans ke Indonesia. Ternyata, mereka juga merupakan distributor Adidas dan juga Quiksilver di Indonesia. Keberhasilan PT. Gagan Indonesia dengan brand Adidas dan Quiksilver ternyata nggak berdampak sama terhadap Vans, karena seluruh took Vans di Indonesia resmi dinyatakan tutup dan bangkrut pada 31 Mei lalu.

Kebangkrutan Vans di Indonesia ini ternyata menimbulkan banyak pertanyaan dan spekulasi. Dilansir dari VICE Indonesia, salah satu faktornya adalah mental anak muda Indonesia yang lebih mengandalkan pembelian Vans palsu atau biasa disebut KW.

“Indonesian customers are pretty smart nowadays, add that in with resellers, online Instagram shops, pre-orders, mail order, and tons of local retail sites like Kaskus and Tokopedia and they will still get what they want," tutur Claude Hutasoit yang merupakan skater asal Indonesia.

Nggak cuma kurangnya minat, menejemen di Vans dikabarkan juga bobrok karena para pekerja di Vans dicurigai melakukan kecurangan dengan menyimpan sepatu-sepatu best seller untuk mereka jual kembali, sehingga customer yang datang ke toko pun nggak menemukan barang-barang yang mereka cari. Kurangnya promosi juga bisa jadi salah satu penyebab Vans nggak berkembang di Indonesia. Vans Indonesia dianggap cuek banget sama komunitas-komunitas skate yang punya segudang kegiatan dan prestasi, tapi sayangnya Vans nggak pernah sedikitpun berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan kayak gini.

Tenang, GoodFriends sepertinya Vans Indonesia ini masih memiliki harapan untuk hadir kembali untuk memenuhi kebutuhan anak muda. Dalam Instagram Vans Indonesia mereka menyatakan bahwa Vans Indonesia tutup secara sementara, “Our stores in Indonesia were closed temporarily, we apologize for the inconvenience. Thanks for all your support and being part of Vans Indonesia family, please stay tuned for updates as we will open our stores again soon!"

So, gimana menurut tanggapan kalian, GoodFriends? Yuk mulai sekarang hargai para pengrajin sepatu serta brandnnya dengan membeli yang asli. Daripada beli palsu karena gengsi dengan brand-nya mendingan beli asli tapi harganya sesuai di kantong. Setuju?