visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Entertainment
Macam-macam Menu Makan Siang Sekolah Di Berbagai Negara

Salah satu hal yang bikin lo semangat ke sekolah adalah menu makan siang di kantin sekolah? Kalo gitu lo perlu lanjutin baca artikel ini supaya lo tau perbedaan menu makan siang sekolah di berbagai negara, GoodFriends. Makanan mana nih yang jadi favorit lo?

indonesia

Indonesia

Kalau ini sih pasti lo udah tau kan? Tapi buat bahan pembanding, boleh dong menu makan siang di sekolah Indonesia juga dijelasin dulu. Menu yang paling umum kalau bawa bekel nih, udah pasti nasi goreng sama telur ceplok pake nugget dikit atau mie instan plus nasi. Tapi, ada juga kok yang bawa bekel komplit kayak nasi, ayam, plus sayur tumis. Kalau jarang bawa bekel, jajanan kantin yang biasa diserbu biasanya nasi rames, mie ayam, atau soto. Betul nggak, GoodFriends?!

inggris

Inggris

Beda dari Indonesia, negara yang satu ini menu makanan di kantinnya udah ditentuin oleh sekolah. Menunya sendiri biasanya salad, kentang, daging, lengkap dengan dessert kayak waffle. Tapi kalau sekolah yang lo datengin adalah yang punya anggaran terbatas, bisa jadi makan siang yang disediakan adalah fast food.

korea

Korea Selatan

GoodFriends yang sering nonton drama Korea pasti udah tau nih apa aja macam makan siang yang ada di sekolah, betul? Kuy lo cocokin dulu sama artikel ini. Beda dengan Indonesia, kantin di Korea biasanya bersumber dari satu dapur. Jadi para murid antri, ambil nampan dan pilih makanan yang tersedia dalam satu baris. Menunya pun ada banyak macam, mulai dari nasi, sup, salad, kimchi, daging, telur, dan bahkan ada buahnya juga. Komplit ya?!

jepang

Jepang

Serupa tapi tak sama, menu di Jepang juga seperti di Korea Selatan yaitu berupa sup, ayam atau ikan, sayuran, dan susu. Bedanya, murid-murid di Jepang nggak makan di kantin. Mereka wajib makan di dalam kelas dan makanan pun disediakan di setiap kelas. Uniknya lagi, lo nggak boleh bawa bekel sampai SMA, lho. 

us

Amerika Serikat

Negara yang satu ini memberikan kebebasan murid-muridnya buat pilih, mau makan makanan kantin, bawa bekel, atau campuran keduanya. Kalau makanan kantinnya sendiri pun biasanya lumayan menggiurkan kayak pizza, kentang goreng, sup, atau terkadang mashed potato dan nugget.

Perancis

Perancis

Satu hal yang paling bikin sirik adalah, jam makan siang mereka 2 jam! Murid-murid bahkan dikasih kesempatan buat pulang dan makan siang di rumah, lho. Soal menu, biasanya mereka makan sayuran kayak bayam, pakai roti, keju, dan ikan.

jerman

Jerman

Satu lagi negara yang agak bikin sirik, GoodFriends. Katanya beberapa sekolah di Jerman sering selesai sebelum jam makan siang, lho. Tapi bukan berarti mereka nggak makan siang di sekolah ya. Makanannya antara lain salad kentang, sosis, buah segar dan sayuran. Jenis menu lainnya yang juga sering disajikan adalah pancake kentang atau pasta.

argentina

Argentina

Sekolah-sekolah di Argentina umumnya dimulai dan selesai sebelum makan siang atau justru sesudah makan siang. Makanya para murid biasanya makan di rumah. Kalau mereka pilih buat makan di sekolah, bekel yang dibawa biasanya roti, daging, dan sayuran gitu, deh.

 

Sumber: https://www.huffingtonpost.com/2015/02/25/school-lunches-around-the-world_n_6746164.html
https://www.saveur.com/school-lunch-around-the-world#page-3