visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
IT & Gadget
Kembalinya Roll Film ke Industri Fotografi

GoodFriends, siapa nih yang tau kamera analog dan roll filmnya? Kalo lo tahu, bisa dipastikan kalian adalah generasi zaman old yang hobinya bolak-balik tempat cuci film. Di era yang serba digital ini, kamera-kamera analog dengan roll film udah mulai banyak ditinggalin karena munculnya kamera digital yang nggak ribet, nggak perlu cuci-cetak dan bisa langsung disimpen dalam bentuk soft copy. Setuju? Tapi, euphoria dan serunya pake kamera analog nggak bisa dilupain gitu aja. Kamera-kamera unik ini pasti ninggalin tempat khusus di hati para penggemarnya termasuk Mimin.

Ada sesuatu yang nggak bisa didapetin di dalam kamera digital. Dengan kamera analog, lo akan tau gimana berharganya sebuah frame yang nggak bisa lo asal jepret. Dengan kamera analog, lo diajarin gimana sabarnya nunggu. Nunggu buat tau hasilnya seminggu kemudian untuk diliat dan dipamerin di album foto. Dengan kamera analog, lo juga diajarin gimana caranya tabah dan ikhlas dalam suatu kejadian. Iklhas kalo film yang lo cuci ternyata kosong dan kebakar. Dengan kamera analog, lo bakal tau rasanya berjuang untuk bangkit berusaha. Berusaha dan berjuan buat make kamera yang bener dan coba terus kalo gagal.

Kerinduan dan sensasi pake kamera analog ternyata cukup membangkitkan semangat para generasi zaman old buat ngenalin kamera-kamera ini ke anak-anak hipster zaman now. Nggak cuma itu, produsen kamera kayak Lomo juga masih terus ngembangin terobosan baru yang nggak ada matinya. Merk-merk film yang asing di telinga pun akhirnya mulai beredar untuk nemenin ketenaran Fuji dan Kodak. Dengan menggabungkan teknologi digital, hasil kamera analog ini pun nggak perlu dicetak lagi, karena bisa langsung scan dan berbentuk soft copy. Dengan adanya kecanggihan ini, lo nggak perlu nunggu lama untuk bisa upload di sosmed dengan hashtag #35mm.

Apa lo salah satu orang yang penasaran mau coba kamera analog? Mari cek dan simak yuk beberapa hot items yang lagi digemari sama anak-anak zaman now di tahun 2017!

Fujifilm Disposable Camera

1. Fujifilm Disposable Camera

Salah satu hot item di tahun 2017 ini adalah Fujfilm Disposable Camera alias kamera sekali pakai yang hasilnya nggak malu-maluin buat diupload di sosmed. Untuk pemula dan mau coba-coba pertama kali, kamera ini cocok dan pas banget mulai dari harga dan bentuknya yang cucok dan compact. Disposable camera sendiri sebenenernya bukan hal yang baru di industri fotografi, lho! Kamera sekali pakai sebenernya sudah muncul di akhir tahun 90-an dan akhirnya mulai ngehits lagi di tahun 2017. Fujifilm Disposable Camera punya 2 pilihan iso; 1600 dan 400 yang bisa lo pilih sesuai kebutuhan. Selain Fujifilm, beberapa merk lainnya kayak Kodak, Agfa, dan juga Simple Use dari Lomography yang menggantikan Lomolitos patut dicoba. Dengan merk yang berbeda, hasil foto juga pasti ikutan beda, lho!

Olympus Mju ii

2. Olympus Mju ii

Salah satu kamera yang lagi dicari banget oleh para pemburu analog adalah Olympus Mju ii yang mungkin bisa dibilang overrated. Sangking langka dan demand yang buanyak, banyak banget beberapa penjual atau bahkan pemilik kamera ini menjual dengan harga yang tinggi. Kamera poin and shoot ini memang dikabarkan punya hasil yang mumpuni, unik dan juga bersih, sehingga nggak heran kenapa banyak orang yang bela-belain bayar mahal buat kamera satu ini. Olympus Mju ii ini merupakan kamera yang nggak analog-analaog amat karena sudah menggunakan baterai untuk mekanismenya. Lo nggak perlu korbanin jempol untuk muter roll film atau rewind karena semua sudah didukung dengan full mekanik.

Fujifilm Instax

3. Fujifilm Instax

Masih punya kenangan sama kamera polaroid alias kamera yang bisa cetak hasilnya secara instant dalam hitungan detik? Pada zamannya, kamera instan cuma dimiliki sama abang-abang foto yang mangkal di Ancol atau Ragunan atau ya tempat hiburan lainnya dan disebut abang polaroid. Difoto dan hasilnya dikipas-kipas lalu gambarnya keluar deh! Takjub nggak? Takjub dong! Lo nggak perlu punya cita-cita buat jadi abang foto di Ragunan lagi karena Fujifilm yang merilis Instax Mini alias kamera instan mini versi baru yang mekanismenya sama kayak Polaroid yang dikalungin sama abang-abang foto.

 

Dengan bentuk dan warna yang semakin lucu, Instax Mini laku keras kayak kacang goreng sejak beberapa tahun lalu. Sebenernya, Fuji sudah udah merilis Instax sejak tahun 1998 dengan format mini dan wide; Instax Mini 10 dan Instax Wide 100. Sayangnya, kamera-kamera tersebut cuma beredar di pasar Amerika aja dan pada akhirnya berhenti produksi dalam beberapa waktu yang lama. Untuk memperluas pengguna Instax, Fuji pun merilis Instax secara internasional pada tahun 2008 atau 10 tahun setelah 2 kamera itu rilis dengan format, warna, dan bentuk yang lebih modern. Walaupun kamera instant pertama kali bukan Fuji yang rilis, Polaroid saat ini kalah saing sama Fuji yang sudah mendapatkan spotlight di panggung kamera instan. Padahal, Polaroid lah yang merupakan pelopor kamera instan yang pada akhirnya semua orang nyebut kamera instan dengan sebutan polaroid. Hmm… sayang ya Polaroid kurang gercep nih.

So, dari ketiga items di atas, mana yang udah atau baru pengen lo coba? Sambil mikir-mikir dan browsing, jangan lupa ambil Good Day botol buat nyegerin pikiran lo! [Chrissila Jessica]