visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Other
Kata-kata Baru dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Di Bulan Bahasa dan Sastra ini boleh dong lebih tau lagi soal Bahasa Indonesia, GoodFriends. Walaupun udah dipelajari hampir setiap hari di sekolah, mungkin aja beberapa kata yang jarang dipakai ini belum kamu ketahui versi bahasa bakunya. Cuss, demi nambah pengetahuan baru, cek kata-kata yang baru aja dimasukkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ini!

Gawai
Banyak yang menyangka kata yang satu ini adalah persamaan dari bekerja, atau kadang dipelesetin jadi acara arak-arakan pakai kostum. Padahal, arti sebenarnya dari kata yang satu ini adalah perangkat elektronik atau lebih sering disebut gadget.

Warganet

Dari namanya sebernarnya sudah ketebak kalau kata ini mengarah kepada para warga di internet atau yang lebih dikenal netizen. Kalau lo lebih sering pakai istilah netizen, boleh juga lho pakai kata sesuai KBBI, warganet.

Saltik

Adalah singkatan dari salah ketik, dan ya, kata saltik masuk dalam KBBI, lho. Kalau selama ini lebih sering nyebut typo, saltik juga bisa jadi pilihan untuk tulisan yang lebih baku. 

Daring

Lagi-lagi singkatan masuk dalam KBBI, singkatan dari dalam jaringan, kata ini adalah bahasa baku dari online.

Luring

Masih berhubungan dengarn daring, luring adalah kebalikannya dan tentu aja berupa singkatan dari luar jaringan alias offline.

Narahubung

Kalo mau cari sponsorship buat pensi, satu hal ini pasti dicari nih. Sudah tau maksud dari kata baru di KBBI ini? Narahubung merupakan kata serapan dari contact person, GoodFriends. Siapa yang terkaannya bener?

Mangkus

Kata yang satu ini lebih asing lagi didenger, tapi percaya deh kata lainnya pasti sering banget lo pakai. Mangkus adalah nama lain dari efektif atau hal yang terkait dengan ketepatan waktu. GoodFriends tertarik untuk coba pakai kata ini?

Sangkil
Berkaitan dengan mangkus, sangkil adalah nama lain dari efisien, atau hal yang terkait biaya.

 

Gimana GoodFriends, kira-kira kata apa aja yang bakalan lo aplikasikan dalam percakapan atau tulisan sehari-hari lo, nih?

Sumber: Provoke-online.com