visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Other
Cara Aman Berkendara Motor di Saat Hujan

Wah, sudah masuk musim hujan nih GoodFriends, untuk GoodFriends yang mengendarai motor ada baiknya  memahami teknik pengendalian kendaraan  yang berpotensi bahaya supaya aman dan nyaman dalam berkendara.

Saat kondisi jalanan basah, GoodFriends harus memperhatikan faktor cengkeraman atau pegangan terhadap lintasan. Saat menambah kecepatan ataupun pengereman, harus dilakukan dengan halus dan tidak secara tiba-tiba, karena ban akan slip dan motor bisa tergelincir atau mungkin juga bisa terjatuh. Selain itu, saat musim hujan sebaiknya tidak menggunakan ban tipe slick (gundul/botak/tidak ada ukiran dari ban), karena tipe ban ini memiliki alur ban yang membuang air sehingga membuat ban menjadi licin.Tekanan angin ban juga sebaiknya GoodFriends sesuaikan dengan keadaan, jangan terlalu keras, turunkan 2 psi (pounds per square inc) biasanya dari standard supaya cengkeraman ban ke jalan juga semakin besar karena tapak ban yang menyentuh jalan juga bertambah lebar. Yang tak kalah pentingnya adalah jas hujan. Jangan gunakan jas hujan jenis ponco karena ujung-ujung nya yang tidak terikat berpotensi bisa masuk ke rantai atau roda motor, yang bisa menjerat dan akibatnya bisa fatal. Sebaiknya  gunakan jas hujan model jaket berikut celana, serta pakailah helm berwarna terang agar terlihat dengan jelas oleh pengguna jalan lainnya, karena saat hujan, jarak pandang sangat pendek.

Selain faktor kendaraan, ada juga factor dari luar seperti  banyak jalan berlubang yang tertutup air dan tidak terlihat oleh pengendara motor, serta kemungkinan adanya pohon tumbang juga bisa loh GoodFriends, karenanya hindari potensi bahaya ini dengan tidak berkendara secara formasi konvoi atau berkelompok. Kalaupun memang harus berkonvoi, berilah jarak aman antar kendaraan. Nah, jika Good Friends sudah melaksanakan semua, akan membuat berkendaraan menjadi aman dan nyaman...

Sumber: detik.com