visit us
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
  • img
Jakarta
March, 2014
11 : 45
weather
temperature
°C



img
Other
4 Jurus Gaul Anti Bad Day Saat Puasa

Bulan puasa gini memang ada beberapa hal yang perlu lo lakuin supaya bisa beradaptasi dengan perubahan pola makan dan tidur. Kalo nggak disesuaikan, salah-salah keseharian lo malah jauh dari good day, lho. Masih belum yakin? Coba dulu aja lakuin jurus gaul dari Good Day ini!

1. Sahur & Buka Puasa

Siapa yang punya prinsip makan dan minum sebanyak-banyaknya waktu sahur dan berbuka? Stop lakuin hal ini ya, GoodFriends. Sahur yang berlebihan bukannya bikin lo tahan puasa sampai Magrib, tapi justru bikin perut kembung dan nggak nyaman seharian. Begitu juga dengan berbuka puasa, supaya pencernaan lo nggak kaget, lebih baik makan makanan yang ringan dulu, lalu selang 1-2 jam kemudian baru deh makan yang lebih berat secukupnya. Jika tidak maka gangguan pencernaan kayak sakit maag, diare, dan perut kembung bisa terjadi lho. Kalau minum air gimana? Sama juga, GoodFriends, sebaiknya minum air putih secukupnya seperti 4 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Dokter Gigi

GoodFriends inget nggak kapan terakhir kali lo periksa dan bersihkan gigi ke dokter gigi? Anjuran 6 bulan sekali dari dokter ini sebaiknya lo lakuin juga, supaya selama puasa lo terhindar dari bau mulut. Pasalnya, semakin banyak karang dan lubang pada gigi, semakin besar kemungkinan bau mulut terjadi, khususnya waktu lo berpuasa. Nggak mau kan, orang-orang pada menghindar begitu lo mulai ngajak ngobrol?

3. Olahraga

Daripada ngitung mundur kapan waktu buka puasa, mending lakuin kegiatan positif supaya hari lo makin banyak rasa, GoodFriends. Misalnya dengan lakuin olahraga ringan bareng temen-temen atau mungkin gebetan. Olahraga ringan yang cocok di bulan ini misalnya bersepeda, jalan santai, skate-boarding, atau jogging. Kenapa sih musti sebelum buka puasa? Selain buat mengisi waktu, olahraga raga setelah berbuka puasa bisa bikin perut lo jadi sakit, GoodFriends. Itu karena tubuh perlu waktu sekitar 1-2 jam untuk mencerna makanan yang masuk. Jadi daripada olahraga kemaleman, lebih baik olahraga sebelum berbuka, kan?!

4. Tidur

Ini nih salah satu yang paling susah. Mengatur ulang pola tidur di bulan puasa emang perlu waktu. GoodFriends yang biasanya suka tidur malem, harus mengubah waktu tidur jadi lebih awal supaya nggak ngantuk keesokan harinya. Apalagi kalau sesudah sahur kita nggak dianjurkan buat langsung tidur lagi, kebayang kan jumlah jam tidur kita bakalan berkurang kalau nggak tidur lebih awal?

 

So, GoodFriends udah siap bikin puasa lo jadi good day nggak nih? Semangat ikutin cara-cara di atas, yes!